Pages

Minggu, 03 Juni 2012

Bagian- bagian Mikroskop

Berikut ini adalah salah satu gambar mikroskop yang biasa kita gunakan. Mungkin dari bentuknya agak sedikit berbeda, tetapi pada dasarnya fungsi serta komponen-komponen yang digunakan tetaplah sama.




Secara umum, mikroskop mempunyai beberapa bagian atau komponen yang saling terintegrasi dengan baik, sehingga kerja dari mikroskop tersebut dapat optimal. Bagian-bagian mikroskop yang dimaksud antara lain:
1.      Lensa
Sebuah mikroskop mempunyai dua buah lensa positif (+) atau biasa disebut dengan lensa cembung. Lensa-lensa tersebut adalah:

a.       Lensa objektif.
Lensa objektif merupakan lensa yang posisinya dekat dengan objek yang diamati, lebih tepatnya berada di bagian revolver. Biasanya dalam satu mikroskop terdiri dari tiga buah lensa objektif dengan perbesaran yang berbeda, ada yang perbesaran 4 X, 10 X, dan 40 X. Fungsi lensa objektif adalah untuk menentukan bayangan objektif dan memperbesar benda atau objek yang diamati.

b.      Lensa okuler
Merupakan lensa yang letaknya di bagian ujung atas tabung dekat dengan mata kita pada saat kita mengamati benda menggunakan mikroskop. Fungsinya adalah memperbesar bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif.



2.      Revolver
Merupakan salah satu komponen dari mikroskop yang merupakan tempat diletakkannya lensa objektif. Fungsinya adalah untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan, dengan cara memutar revolver kemudian posisikan lensa objektif satu sumbu dengan objek yang akan diamati.

3.      Pengatur
Pengatur pada mikroskop berbentuk seperti pengatur pada volume suara radio yang dapat diputar sesuai keinginan. Komponen ini berfungsi untuk mengatur kedudukan lensa objektif terhadap objek yang diamati. Pada mikroskop yang memiliki tabung tegak, pengatur akan menaikturunkan tabung dan lensa objektif, sedangkan pada mikroskop bertabung miring, pengatur akan menaikturunkan meja preparatnya. Pengatur terdiri dari dua macam, yaitu :
a.       Pengatur halus
Berfungsi mengatur kedudukan lensa objektif untuk memfokuskan bayangan objek yang diamati secara lambat.

b.      Pengatur kasar
Berfungsi mengatur kedudukan lensa objektif untuk memfokuskan bayangan objek yang yang diamati secara cepat.


4.      Preparat
a.       Meja preparat
Merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan kaca preparat yang berisi objek yang diamati. Meja preparat berbentuk kotak dengan lubang kecil di tengahnya yang berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya.

b.      Penjepit preparat
Penjepit berada di meja preparat, terdiri dari dua buah penjepit yang berfungsi menjepit kaca preparat agar tetap dalam kedudukannya.

c.       Kaca preparat
Sebagai tempat meletakkan objek yang diamati. Biasanya terdiri dari dua buah kaca yang berbeda, yang satu sebagai alas yang lainnya sebagai penutup (cover).

5.      Cermin
Merupakan bagian dari mikroskop yang letaknya di bawah meja preparat dan dekat dengan kaki mikroskop. Fungsinya adalah untuk memantulkan sumber cahaya, seperti cahaya matahari. Cermin tersebut mempunyai dua sisi yang berbeda, satu sisi bercermin datar, sisi yang lainnya bercermin cekung. Cermin datar digunakan pada saat sumber cahaya cukup terang, sedangkan cermin cekung digunakan apabila sumber cahaya kurang terang.

6.      Lengan
Lengan mikroskop berguna dalam hal membawa atau memindahkan suatu mikroskop, fungsinya sebagai pegangan.

7.      Kaki
Kaki berfungsi sebagai penopang mikroskop, agar mikroskop tetap kokoh pada kedudukannya.

8.      Tabung
Pada bagian atas berhubungan langsung dengan lensa okuler, sedangkan pada bagian bawah berhubungan dengan revolver yang terdapat lensa objektif.









0 komentar:

Poskan Komentar